Hal-hal yang dapat diminta melalui AirAsia Online Call Center
Sejak Agustus 2020, Air Asia telah mengubah call center AirAsia menjadi nyaman melalui layanan live online chat. Nah jika anda ingin menghubungi pihak maskapai, anda tidak bisa lagi menggunakan nomor call center yang sebelumnya aktif melainkan melalui live chat.
Layanan live chat yang ditawarkan oleh Air Asia bernama AVA yang merupakan singkatan dari AirAsia Virtual Allstar. Dimana AVA merupakan sistem live chat yang didukung oleh artificial intelligence (AI) untuk dapat melayani pelanggan secara akurat dan praktis, serta dapat diakses kapan saja.
AVA merupakan virtual Assistant Air Asia yang bertugas melayani segala pertanyaan, bahkan keluhan dari pelanggan secara langsung maupun online. Layanan ini sendiri dapat diakses baik melalui alamat resmi website AirAsia, melalui Facebook Messenger, maupun aplikasi WhatsApp.
Dalam layanan ini Anda tidak akan berkomunikasi langsung dengan petugas seperti menggunakan call center AirAsia namun mereka terhubung ke komputer atau disebut chatbot. Isi percakapan dikirimkan langsung kepada Anda. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan melalui layanan obrolan langsung ini.
Mengumpulkan tiket dan perubahan penerbangan
Salah satu hal yang dapat Anda lakukan menggunakan layanan obrolan langsung AVA adalah memesan tiket pesawat. Apakah Anda memesan secara langsung atau melalui telepon, hari ini Anda hanya dapat memesan melalui layanan online ini yang nantinya akan dikirim melalui alamat email.
Cara memesan tiket sangat sederhana. Langkah pertama adalah mengklik ikon yang bertuliskan “pesan penerbangan” untuk memesan tiket pesawat Anda. Kemudian, temukan tombol ini di daftar utama situs web resmi Air Asia. Setelah mengklik tombol impor, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan.
AVA sebagai asisten virtual dari maskapai akan menanyakan sejumlah pertanyaan terkait penerbangan yang Anda pesan. Dalam prosesnya, Anda harus menjawab semua pertanyaan dari chatbot dan mengikuti langkah-langkah selanjutnya. Proses ini hampir identik dengan proses pemesanan saat menggunakan call center AirAsia manual.
Setelah Anda selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, AVA akan mengarahkan Anda ke halaman berikutnya yang berisi fitur tambahan. Ini termasuk menambahkan bagasi, memilih kursi maskapai, dan memesan berbagai makanan dan minuman. Setelah itu, isi nama Anda di kolom donasi, lalu lakukan pembayaran.
Proses pemesanan online tanpa melalui call center AirAsia secara manual telah selesai. Dan sekarang, Anda hanya harus menunggu tiket Anda dikirim ke alamat email Anda. Pada periode sebelum penerbangan, Anda juga dapat memeriksa status penerbangan dan membuat perubahan terkait pemesanan yang dilakukan.
Lihat promo Air Asia menggunakan layanan ini
Anda tidak hanya memesan tiket pesawat dan melakukan berbagai perubahan dengan lebih mudah, sistem layanan online AVA ini juga dapat digunakan untuk mencari informasi terkait berbagai promo yang ditawarkan oleh Air Asia. Tentu anda ingin tahu, bukan? Caranya sangat mudah dilakukan.
Dalam sistem call center chat AirAsia ini, Anda cukup mengetik kata “promo fare” atau “promo” ke chat room dengan AVA. Kemudian, Anda akan menerima tanggapan dari chatbot Air Asia. Jawaban yang akan diterima bukan dalam daftar promosi penerbangan yang ditawarkan melainkan dalam bentuk tips.
Sebagai asisten virtual, AVA live chat akan memberikan dukungan dengan memberikan tips cara mendapatkan promo di website resmimaskapai Ai r Asia ini. AVA akan mengarahkan Anda untuk mengklik bagian yang bertuliskan “Promo Radar” untuk mengetahui berbagai promo yang ditawarkan oleh Air Asia dan maskapai penerbangan lainnya.
Salah satu promo yang ditawarkan Air Asia adalah memberikan keuntungan kepada pelanggannya yang berlangganan Air Asia BIG dan membayar menggunakan Air Asia BIGPay. Ada beberapa diskon atau keuntungan lain yang bisa Anda nikmati. Anda hanya perlu menguji informasi dari AVA.
Jangan khawatir tentang restorasi, karena AVA dapat membantu
Dalam proses penerbangan, tentunya Anda terkadang menemui berbagai kendala dan kesulitan dalam proses pemesanan. Misalnya, Anda dapat membatalkan jadwal penerbangan yang telah dipesan kapan saja karena alasan tertentu, atau perjalanan yang dijadwal ulang, bahkan proses pemesanan penerbangan ganda secara tidak sengaja.
Anda mungkin juga menemukan kesalahan dalam proses pembayaran, misalnya, Anda melakukan pembayaran dua kali untuk satu tiket. Tentu saja, hal ini akan sangat merugikan jika Anda tidak melakukan refund atau refund yang sudah Anda berikan kepada Air Asia.
Namun, Anda santai saja. Sebab, melalui sistem call center AirAsia yang telah bertransformasi menjadi online dan otomatis, Anda bisa mengurusnya dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan layanan obrolan langsung, yaitu AVA sebagai asisten virtual untuk Anda dan mengganti pusat panggilan.
Seperti biasa, Anda membuka ruang obrolan dengan AVA. Di menu utama, Anda dapat memilih bagian “pengembalian dana”, lalu melanjutkan ke proses berikutnya, yaitu “permintaan pengembalian dana”. Setelah itu, Anda dapat memilih jenis pengembalian yang Anda butuhkan, misalnya karena pembayaran ganda.
Setelah proses tersebut, Anda harus memberikan nomor PNR yang bisa Anda dapatkan pada rencana penerbangan. Kemudian, ikuti langkah-langkah selanjutnya, dan bersiaplah untuk permintaan lampiran untuk beberapa dokumen yang diperlukan. Bahkan tanpa pusat panggilan AirAsia manual, semua masalah Anda masih dapat ditangani sepenuhnya oleh Air Asia.
Bagikan keluhan Anda melalui obrolan langsung
Setiap layanan yang diberikan tentunya ada perkumpulan yang dirasa kurang memadai. Oleh karena itu, setiap perusahaan tentu selalu membuka peluang bagi pelanggan untuk menyampaikan keluhannya sebagai cara untuk mengkritik dan menyesuaikan diri untuk perbaikan di masa depan. Oleh karena itu, Air Asia juga memberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan melalui layanan live chat ini.
Bahkan tanpa melalui call center AirAsia, pelanggan tetap dapat dengan mudah menyampaikan berbagai keluhan dan masukan kepada AirAsia. Proses pengajuan keluhan tidak terlalu rumit. Seperti biasa, Anda dapat mengobrol langsung dengan AVA dan membicarakan keluhan Anda.
Presentasi keluhan ini sangat berbeda. Anda akan diberikan alamat tautan khusus untuk mengatasi keluhan atau keluhan Anda. Sebelumnya, Anda harus mengetik “komentar” atau “komentar” di ruang obrolan dengan AVA, lalu ketik juga “keluhan”.
Kemudian, ikuti langkah-langkah selanjutnya, dan jika sudah menerima link feedback spesifik, pelanggan dapat langsung mengisi dan menyampaikan apa itu keluhan pelanggan. Setelah selesai, klik kirim dan tunggu maskapai penerbangan mengirimi Anda email tanggapan. Bukankah mudah untuk mengajukan keluhan secara online?
Sebagai maskapai terpercaya, Air Asia selalu berupaya untuk memberikan layanan berkualitas borderless kepada pelanggannya. Untuk itu, layanan live chat ini hadir untuk memudahkan Anda berinteraksi dengan pihak maskapai. Bahkan tanpa pusat panggilan AirAsia lagi, Anda masih akan merasakan kenyamanan yang lebih tinggi.